7 Tren Busana Terkini di Awal Tahun 2020 yang Bisa Menjadi Inspirasi

Pagelaran fashion show yang menampilkan busana musim semi dan panas atau spring/summer tahun 2020 sudah selesai. Memasuki awal tahun 2020, busana dengan motif yang beragam dan gaya retro menjadi tren busana terkini yang membuat penampilan berbeda. Bila masih memiliki pakaian lama, tinggal memadupadankan koleksi baju agar terlihat menarik dan meninggalkan kesan kuno. Berikut gaya busana yang bisa menjadi inspirasi tampilan di tahun 2020.

1. Motif Tahun 60-an

Motif baju dengan corak tahun 60-an mengambil alih tren busana terkini di tahun 2020. Corak-corak yang akan mendominasi yakni motif boho atau bohemian style dengan palet warna merah, oranye, hingga biru. Gaya busana yang digemari pada era 60-an. Walaupun kemunculannya sudah cukup lama, gaya pakaian ini masih digemari sampai saat ini.

2. Material Kulit

Pada koleksi busana awal tahun 2020, pakaian bahan kulit sudah muncul. Busana berbahan kulit juga cukup terkenal untuk gaya retro. Koleksi material kulit tidak hanya jaket, tetapi juga celana, rok, pakaian, dan gaun. Tampilan yang muncul juga semakian variatif dan menggunakan warna-warna cerah seperti oranye, kuning, dan lain sebagainya.

3. Rok Panjang yang Flowy (Megar) dan Bersusun

Rok panjang yang flowy dan bersusun cocok digunakan untuk kegiatan santai maupun formal. Warna yang mendominasi yakni hitam dengan model yang stylish, mulai dari material tulle hingga model a-line dengan cutting layer. Walaupun rok ini terlihat cukup bervolume, padupadan dengan item kasual dan sandal masih cocok untuk mewujudkan tampilan santai. Untuk menciptakan tampilan formal, sandingkan rok flowy dengan blus dan high heels.

4. Warna Neon

Busana dengan warna-warna terang seperti kuning, merah, biru, dan hijau neon akan banyak dijumpai pada tahun 2020. Tidak bisa sembarang menggunakan pakaian warna terang karena jika tidak dipadukan dengan item yang tepat bisa terlihat sangat mencolok. Pakaian warna neon disarankan digunakan pada malam hari. Tingkat pencahayaan pada malam hari yang redup dianggap dapat mengurangi warna neon pada busana.

5. Rajutan

Pakaian rajut yang dibuat umumnya dipakai untuk musim dingin. Namun untuk tahun 2020 rajutan lebih ditujukan untuk koleksi musim panas. Rajutan yang untuk musim panas yakni rajutan modern dengan detail yang lebih besar dibandingkan jenis rajutan jaman dahulu.

Ada banyak cara untuk menghasilkan busana rajut untuk terlihat modern. Sebagai contoh memasukkan unsur rajutan pada gaun malam dan midi dress lengkap dengan kardigan. Selain itu, pakaian dengan bahan rajutan juga cocok digabungkan dengan gaun santai dan denim.

6. Hot Pants

Celana pendek yang sudah lama tenggelam, kini muncul kembali. Jenis busana yang sederhana namun tetap trendi ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan tampilan yang stylish. Koleksi hot pants lama dengan material denim dapat dipadukan dengan atasan tank top, kaos, blus, dan outfit kasual lain. Bila tidak nyaman menggunakan hot pants, padankan dengan stoking hitam.

7. Polkadot

Salah besar kalau mengira busana dengan motif polkadot sudah ketinggalan zaman. Untuk tren busana terkini pada musim semi dan panas 2020, motif polkadot kembali ke permukaan. Ukuran motif polkadot mempengaruhi penampilan berpakaian. Bagi orang yang memiliki tubuh besar, pilihlah bentuk polkadot yang berukuran kecil seperti bentuk titik.

Tren busana terkini mulai dari dress dengan motif boho sampai hot pants semuanya bisa dijadikan inspirasi dalam berpakaian di tahun 2020. Pilih tren berpakaian yang sesuai dan nyaman dipakai sehingga tampil lebih percaya diri. Paling penting dari mengikuti tren berbusana yakni menjadi diri sendiri.