5 Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Belanja online zaman sekarang bukanlah hal yang tabu, bahkan hampir semua jenjang usia berbelanja online. Dikarenakan dengan berbelanja online tidak perlu mengunjungi store secara langsung hanya memerlukan handphone atau komputer untuk memilih milihnya. Dan juga barang yang di jual dapat dilihat detailnya sesuai keinginan konsumen. Ada juga yang menjual tidak sesuai barang di fotonya, hal itu perlu di waspadai sebagai konsumen. Dengan adanya hal yang tidak diinginkan dalam berbelanja online, sekarang akan membahas tips belanja online aman.

1. Melihat Banyaknya Barang Yang Terjual

Tips belanja online aman pertama adalah, perhatikan aplikasi online shop akan memperlihatkan berapa banyak stok barang dan berapa barang yang telah terjual. Jika barang yang terjual hanya sedikit konsumen harus memastikan terlebih dahulu detail produknya dan mencari online shop yang menjual produk sama tetapi banyak terjual. Karena dengan terpaku terhadap gambar yang di panjang hanya berlaku di mata, belum berarti sesuai dengan gambarnya. Tidak sesuai dengan gambar akan membuat diri sendiri tidak puas dan kecewa.

2. Melihat Ulasan Produk Satu Per Satu

Produk yang ada di online shop jika sudah terjual konsumen lainnya dapat memberi ulasan terhadap produk yang di beli. Dengan adanya ulasan dari konsumen lain dapat dijadikan petunjuk apakah produknya memuaskan. Jika ulasan rata rata positif sebagai konsumen akan percaya dan membeli produk tersebut. Sedangkan ulasan yang negatif jangan coba coba untuk membeli produk tersebut. Ulasan tersebut dapat menampilkan gambar produk yang telah di terima konsumen, dengan begitu dapat dilihat warna dan bentuk aslinya bagaimana.

3. Cermati Pengikut Online Shop

Pengikut sosial media merupakan hal yang menentukan apakah online shop tersebut sudah banyak di kenal atau belum. Dengan itu banyak penjual yang membeli pengikut yang palsu agar terlihat banyak yang mengenal online shopnya. Adanya hal ini konsumen harus memastikan apakah akun pengikut banyak orang yang tidak jelas atau orang asli. Dengan melihat testimoni dari konsumen lain terhadap produk yang di jual online shop tersebut.

4. Membeli Barang Sebagai Pembuktian

Konsumen yang ingin membeli banyak barang harus melakukan percobaan terhadap barang yang ingin di belinya. Seperti konsumen membutuhkan 10 barang jangan langsung membeli 10 tapi belilah 1 barang dahulu sebagai contoh apakah bahannya sesuai harga ataukah model dan warnanya sesuai gambar. Harus teliti terhadap produk yang ingin di beli karena mencari uang bukanlah hal yang mudah jadi jangan sampai merasa rugi mengeluarkan uang untuk barang yang tidak sesuai selera.

5. Pastikan Stok Tersedia

Konsumen yang ingin tau tentang produk yang di sukainya harus bertanya di pesan terhadap penjual apakah stoknya tersedia. Jika tersedia konsumen dapat membelinya sesuai banyaknya produk yang di butuhkan. Jangan asal memilih produk tanpa bertanya stok lalu membayarkan via atm secara langsung. Lebih baik bertanya terlebih dahulu dari pada sesat kemudian, karena konsumen bukan langsung datang ke store jadi tidak ingin bertanya. Pendapat ini salah, karena konsumen tidak dapat melihat persediaan produk lebih baik bertanya lebih banyak terhadap penjual. Jangan sampai di rugikan karena malas bertanya.

Demikianlah tips belanja online aman, dengan adanya online shop di zaman sekarang sangat membantu proses penjualan barang tanpa ribet. Tapi dalam memilih barang haruslah teliti dikarenakan konsumen tidak tau apakah barang sesuai gambar atau tidak. Jangan mudah percaya terhadap ekspektasi yang konsumen sendiri belum mengetahui produk tersebut. Dalam online shop ada dampak yang positif dan juga dampak yang negatif jangan sampai konsumen mendapatkan yang negatif. Sebagai penjual pun haruslah dapat di percaya agar kedepannya bisnis online shopnya maju dan banyak konsumen membeli dengan memberikan kepuasan terhadap konsumen.